(0280) 6260 111 info@puskesmaswanareja1.com

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (Global Handwashing Day) setiap tahun jatuh pada tanggal 15 Oktober. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dirintis oleh Public-Private Partnership of Handwashing (PPPHW) pada tahun 2008. Sejak itu, masyarakat dan pemerintah memanfaatkan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman terhadap pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit.

Untuk memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia Puskesmas Wanareja 1 melakukan kampaye cuci tangan pakai sabun di beberapa Sekolah Dasar di Wilayah Wanareja. Tujuannya agar anak-anak SD tahu cara cuci tangan yang baik dan benar serta dapat mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Cuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara yang paling efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit. Perilaku sederhana ini dapat memberikan perlindungan dari penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan akut seperti pneumonia. Selain itu, mencuci tangan juga membantu mencegah penyebaran penyakit infeksi lain seperti influenza dan ebola.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir dan Sedangkan langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar yaitu :

  1. Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir
  2. Gosokkan kedua telapak tangan, Gosokkan sampai ke ujung jari.
  3. Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiri (atau sebaliknya dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.
  4. Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci.
  5. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
  6. Bersihan kuku-kuku jari dengan cara menguncup berputar. Lakukan sebaliknya.