(0280) 6260 111 info@puskesmaswanareja1.com

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Penjaringan kesehatan dilakukan 1 tahun sekali terhadap peserta didik kelas 1 SD, kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA yang meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku) pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dan kesehatan reproduksi.

Pelaksanaan penjaringan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Wanareja 1 dilaksanakan pada tanggal 3 September – 27 September 2018 untuk siswa SD dan pada tanggal 8 Oktober – 30 0ktober 2018 pada siswa SMP dan SMA. Adapun jumlah sekolah yang dilakukan penjaringan kesehatan ini meliputi 51 SD, 11 SMP dan 4 SMK. Target capaian penjaringan kesehatan anak sekolah ini ditetapkan sebesar 100%. Kegiatan pemeriksaan kesehatan fisik dan penunjang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Wanareja 1 yang terdiri dari 4-5 orang dalam 1 timnya.

Semoga pelaksanaan kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Wanareja 1 ini dapat berjalan lancar sehingga dapat diperoleh data yang akurat demi kepentingan terbaik bagi seluruh peserta didik.